Berdasar hasil rapat di Assen 24 juni yang di ikuti oleh 
Carmelo Ezpeleta (Dorna, Chairman), Paul Duparc (FIM), Herve Poncharal (IRTA) and Takanao Tsubouchi (MSMA), in the presence of Carlos Ezpeleta (Dorna), Mike Trimby (IRTA, Secretary of the meeting) and Corrado Cecchinelli (Director of Technology), maka di hasilkan keputusan baru sebagai berikut :
Peraturan Technical – Efektif Segera

  • Catch Tank

Perubahan rinci tentang kapasitas tangki, termasuk tabung, dan katup yang tidak dikembalikan telah disetujui.

  • Bahan Konstruksi Chassis

Selama pertemuan GPC di Losail, peraturan baru disetujui mengenai materi yang dapat digunakan dalam pembuatan sasis kelas Moto3 dan Moto2. Dengan sedikit modifikasi, terutama mengenai bahan yang digunakan untuk lengan ayun dan roda spindle, peraturan sekarang akan berlaku untuk sasis di semua kelas.

  • Peraturan Teknis – Efektif 2019

Diperbarui, rinci spesifikasi untuk Moto2 elektronik dan ancillaries dikonfirmasi.(mungkin ini terkait triumph sebagai suplier baru)

  •  Peraturan Olahraga – Efektif Segera

Asuransi rider wild card

Pembalap wild cart selanjutnya akan disertakan dalam asuransi kecelakaan kecelakaan yang diberikan oleh IRTA dan tidak perlu lagi mendapatkan asuransi dari Federasi Nasional mereka untuk acara tersebut. Ini akan memberi mereka tingkat keamanan yang sama seperti rider yang dikontrak secara permanen.

  • Partisipasi dalam Kejuaraan yang Berbeda di Event Sama

Pada beberapa acara ada balapan untuk kategori mesin yang sama di Kejuaraan yang berbeda. Tidak akan lagi diizinkan bagi pengendara untuk berkompetisi di lebih dari satu Kejuaraan dalam even yang sama.

Masalah lain

  • Dashboard Displays and Messages

Sudah dipastikan bahwa mesin di kelas Moto3 dan MotoGP harus memiliki fasilitas dasbor untuk menampilkan pesan teks, terkait dengan lampu peringatan saat ini, yang berlaku mulai 2018. Ini juga akan berlaku untuk kelas Moto2 dari 2019. GPC sekarang memiliki Mengkonfirmasi daftar pesan yang tepat yang akan dikirim dengan lampu peringatan oleh Race Direction.

Beberapa tim telah memiliki fasilitas di dasbor mesin mereka untuk menerima pesan teks dan, setelah mendapat persetujuan dari Komisi Keselamatan, GPC memastikan bahwa tim semacam itu mungkin telah menggunakan fasilitas ini sebagai “papan lubang virtual”. Ini tidak memerlukan amandemen terhadap peraturan yang ada.(red : di izinkan)

  • Janji Pemasok Resmi

GPC mengkonfirmasi penunjukan pemasok resmi berikut ke Kejuaraan:

– Triumph sebagai pemasok mesin untuk kelas Moto2 yang mulai berlaku tahun 2019.

– Dell’Oto sebagai pemasok ECU untuk kelas Moto3 dari 2018 sampai 2020

  • Permintaan dari HRC

GPC menyetujui permintaan dari HRC untuk, demi keselamatan, mengganti katup masuk di sejumlah mesin kelas Moto3 karena cacat manufaktur yang menyebabkan terjadinya retak. Perubahan tersebut akan dilakukan di bawah pengawasan staf Direktory Teknis dan mesin yang terkena dampaknya akan terbatas pada penggunaan total 2.200 km.

Source: motogp.com